5 Makanan Wajib Ada Saat Lebaran

Ciputat – ruangonline.com. Hari lebaran adalah hari yang istimewa karena bisa mendekatkan keluarga yang jauh, berkumpul bersama sembari menikmati hidangan-hidangan khas hari raya.

Beragam makanan berat biasanya turut serta mewarnai meja makan saat lebaran tiba. Tak sampai di situ, camilan dan kue-kue kering juga turut serta menemani makanan yang bikin Lebaran terasa lebih lengkap.

Berikut ruangonline.com rangkum dari berbagai sumber tentang makanan yang wajib ada di meja makan kalian saat lebaran di bawah ini.

Ketupat
Ketupat adalah salah satu makanan yang identik dengan Lebaran. Biasanya ia dihidangkan bersama opor ayam, sambal goreng ati, semur daging, dan beberapa makanan lainnya.

Opor Ayam
Opor ayam juga menjadi salah masakan yang wajib ada di meja makan kalian saat lebaran. Opor ayam seolah menjadi menu yang tak boleh dilewatkan saat hari raya tiba.

Rengginang
Orang Indonesia pasti banyak yang sudah mengenal dengan makanan khas Lebaran yang satu ini. Biasanya, makanan ini disajikan sebagai camilan. Rengginang merupakan makanan tradisional khas Jawa yang terbuat dari nasi kering atau beras ketan. Rasanya bisa bermacam-macam, yaitu ada yang manis, asin, maupun rasa unik seperti terasi. Namun rengginang yang sering muncul saat lebaran adalah rengginang rasa asin.

Kue Nastar
Kue isi nanas atau nastar adalah salah satu kue yang paling banyak dihidangkan saat Lebaran tiba. Nastar adalah sejenis kue kering dari adonan tepung terigu, mentega dan telur yang diisi dengan selai buah nanas. Asal katanya dari bahasa Belanda ananas dan taart. Bentuk kue ini bulat-bulat dengan diameter sekitar 2 cm, di atasnya sering dihias dengan potongan kecil kismis atau cengkeh.

Kue Putri Salju
Kue putri salju adalah sejenis kue kering yang berbentuk bulan sabit dan di atasnya diselimuti dengan gula halus seperti salju. Kue putri salju dibuat dari adonan tepung terigu, tepung maizena, mentega dan kuning telur yang dipanggang di dalam oven sampai matang dan di atasnya diselimuti dengan gula halus. Kue ini juga wajib ada di meja makan kalian karena rasanya yang enak dan lezat.

Nah, itu adalah beberapa menu makanan yang wajib ada di meja makan kalian saat lebaran nanti. Selain silaturahmi, lebaran juga terasa nikmat jika kita bisa menghidangkan makanan-makanan yang di atas. (Fauzi)

544 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *