Bongkar Pungli di Sekolah, Guru Honorer Dipecat

Ciputat. ruangonline.com – Baru-baru ini terdapat petisi yang dibuat untuk membela Rumini, seorang guru honorer di SDN Pondok Pucung 02, Tangerang Selatan. Ia dipecat karena mencoba membongkar praktik pungutan liar (Pungli) di sekolah tempat dia mengajar.

Dilansir dari change.org, Rabu (29/06/2019), Rumini yang dipecat 2 hari sebelum lebaran bukan mendapat apresiasi dari pemerintah atas laporannya kepada Dinas Pendidikan Kota Tangerang Selatan, justru mendapatkan perlakuan diskriminatif dan intimidatif yang berujung pada pemecatan.

Petisi yang dibuat oleh Tangerang Public Transparency Watch (TRUTH) membuat 4 poin tuntuan dan mendesak pemerintah agar menindaklanjuti permasalah ini yaitu: Pertama, menuntut Presiden Joko Widodo untuk berkomitmen berantas pungli pendidikan. Kedua, menuntut Presiden Joko Widodo untuk memerintahkan Saber Pungli untuk menindak tegas para pelaku pungli pendidikan. Ketiga, mendesak Menteri Pendidikan & Kebudayaan, Muhadjir Effendy untuk menindaklanjuti praktek Pungli di SDN Pondok Pucung 02 dan pemecatan Rumini. Keempat, mendesak Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany untuk memecat Kepala Dinas Pendidikan Taryono beserta bawahannya yang terbukti melakukan intimidasi terhadap Rumini.

Laporan terakhir sudah tercatat oleh TRUTH dalam waktu 4 tahun terakhir setidaknya ada 11 kasus dugaan Pungli yang dilaporkan ke Dinas Pendidikan Kota Tangerang Selatan namun tidak ada tindak lanjut oleh pemerintah sendiri. (Irhas)

656 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *