Fetra Tumanggor : Media Online Tidak Boleh Bohong

Bidang Hubungan Antar Lembaga, Lembaga Pers Mahasiswa (Lapmi) HMI Cabang Ciputat mengadakan kunjungan media ke Tagar.id yang berlokasi di Jl. Cawang Baru Utara, Jakarta timur, Senin (16/9).

Pimpinan Redaksi Tagar.id, Fetra Tumanggor mengajak anggota Lapmi melihat langsung ruang redaksi dan ruang kreatif. Kemudian, ia menjelaskan bahwa Tagar.id sendiri baru berjalan 2,5 tahun, jika dikiaskan seperti manusia yang baru bisa merangkak.

“Kami baru 2,5 tahun berjalan sehingga banyak yang harus dibenahi walaupun kami masih terhitung muda, media ini mulai sudah diperhitungkan di kancah nasional”, Jelas Fetra.

Fetra mengatakan bahwa media online tidak bisa berbohong seperti media cetak, karena ada Google Analytics yang memantau.

“Jika di media cetak, kita bisa saja menyebut angka 1000 dalam sekali cetak, tapi yang dicetak hanya 100, akan tetapi dalam media online, Google Analytics-lah yang dapat menentukan jumlah pembaca dalam berita tersebut, jika banyak ya banyak, jika sedikit ya dibilang sedikit, tidak bisa mengada-ada”, papar Fetra.

Herrybertus Sikaraja, Direktur Kreatif mengatakan bahwa media online harus memiliki banyak ide dan gagasan yang kreatif, karena hari ini pasar tidak hanya sebagai pembaca berita, tapi juga melihat berita lewat video.

“Selain menulis berita di website, kami juga punya channel youtube yang diberi nama Tagar TV, ini diperuntukkan kepada pembaca yang malas membaca, jadi kita kasih playlist yang namanya NewsFlash, itu video berita yang berdurasi 1-3 menit”, Terang Bertus.

Lanjut Bertus, ia menerangkan bahwa ketika sudah mulai beranjak ke youtube, ia meminta untuk selalu menjaga ritme publikasi agar penonton mempunyai alasan untuk berlangganan (subscribe).

“Kalo temen temen udah mau main youtube, produksi konten yang baik dan juga mencerdaskan juga harus melihat pasar, kemudian jaga ritme publish-nya, jangan sampe tidak intinya”, Tutup Bertus.

Kemudian acara ditutup dengan pemberian piagam dari Taufik selaku Direktur Bidang Hubungan Antar Lembaga Lapmi HMI Ciputat kepada Redaktur Tagar.id. (Dio).

572 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *