8 Starter Pack Ini Wajib Kamu Ketahui Ketika Aksi

Ciputat, ruangonline.com – Hari Senin, 30 September nanti bakal ada agenda penting nih, yaitu bakal ada aksi lanjutan dari berbagai aliansi mahasiswa di Indonesia.

Buat kalian yang akan mengikuti aksi, ada beberapa barang yang wajib kamu bawa saat aksi. Apa saja itu? Silakan simak ulasan berikut ini.

1. Masker
Jadi buat kalian yang bertanya-tanya, apasih gunanya masker? Masker ini sangat penting tidak hanya menyaring polusi yang ada di jalan, tapi masker dapat membantu kamu untuk bisa bernafas dalam keadaan genting, yaitu saat polisi sudah menembakkan gas air mata agar tidak terhirup oleh kita.

2. Baju Ganti
Untuk kamu yang terkena semprotan water cannon, baju ganti adalah hal penting yang harus dibawa supaya kamu tidak basah kuyup atau masuk angin ketika terkena semprotan air.

3. Tas Ransel
Jangan lupa juga yang harus ada di dalam tas kamu yaitu handphone, power bank dan makanan ringan. Fungsinya adalah supaya handphone kamu selalu aktif dan tidak kelaparan ketika aksi.

4. Sepatu Nyaman
Jangan lupa memakai sepatu yang nyaman, karena saat aksi kita akan berlarian atau kaki kita akan terinjak oleh massa aksi yang lainnya. Jadi jangan lupa untuk pakai sepatu yang nyaman.

5. Helm
Buat kalian yang meremehkan dan menertawakan massa aksi yang memakai helm, kalian harus tau bahwa helm itu sangat penting melindungi kepalamu ketika massa aksi sudah tidak kondusif. Siapa tau kamu terlempar batu, teargas dan petasan.

6. Masker Anti Teargas
Ini juga wajib kalian bawa, karena aksi belum bisa dipastikan rusuh atau tidak. Jadi ketika teargas sudah dilempar oleh polisi kamu bisa menggunakannya agar mata kamu tidak pedih dan kamu bisa bernafas dengan baik.

7. Odol atau Pasta Gigi
Jadi odol atau pasta gigi ini juga sangat berguana untuk menetralisir teargas yang sudah diledakan agar matamu tidak pernih dan buram melihat sekitar aksi.

8. Yang Harus Diperhatikan Ketika Aksi
Jika ingin selfie atau mendokumentasikan sesuatu, lihat kondisi sekitarmu aman atau tidak. Ajak temanmu sebanyak-banyaknya, siapkan energimu untuk bisa bergabung dengan massa aksi dan untuk poster tuntutan gunakan kata-kata yang mudah dicerna semua pihak agar dapat langsung dibaca oleh publik. Tetap simpati dengan kawan aksi yang lain dengan cara membuka jalan untuk setiap ambulan atau pihak dalam keadaan darurat yang akan membutuhkan jalan. Pahami lokasi dengan baik, hindari penampilan yang begitu mencolok dan jangan lupa berdoa agar diberi kelancaran dan keselamatan dalam aksinya.

Jangan lupa terapkan ya teman, agar kamu dan sekitarmu nyaman mengikuti aksi esok hari. (Dian)

237 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *