LP2M UIN Jakarta Gelar Kajian Gerakan Teosofi Indonesia

Ciputat, ruangonline.com – Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat (LP2M) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, menggelar kegiatan diskusi dengan menghadirkan Wakil Dekan III (Bidang Kemahasiswaan) Fakultas Ushuluddin, Media Zainul Bahri, Senin, (4/3).

Acara dengan tajuk “Gerakan Teosofi Indonesia dan Mitos Yahudi Menguasai Dunia” berlangsung selama kurang lebih sekira 1 jam 30 menit.

Penulis buku “Wajah Studi Agama-agama; Dari Era Teosofi Indonesia (1901-1940) Hingga Masa Reformasi”, yang akrab disapa Pak Media tersebut menjelaskan, gerakan teosofi yang berkembang di Indonesia pertama kali diinisiasi oleh para kelompok kolonial Belanda.

“Gerakan ini diinisiasi Belanda untuk menghilangkan polarisasi yang ada di Jawa, sebab bila dilihat lebih jauh dampaknya akan berbahaya. Belanda tidak menghendaki adanya perlawanan dari pribumi itu sendiri”, ujarnya.

Lebih lanjut, Mantan kajur Program Studi Agama-Agama tersebut menjelaskan, Gerakan anti Semit (Yahudi) di Indonesia bermula pada saat presiden Soekarno menerima berita kekalahan Arab berperang melawan kelompok Yahudi (Israel, red).

“Meskipun, tidak ada hubungan linear antara Yahudi dan Indonesia sebelum masa kemerdekaan, kelangsungan estafet narasi anti Semit yang dibawa Soekarno (kabar kekalahan Arab atas Yahudi, red.) mempunyai dampak tersendiri dalam perjalanan (Yahudi, red) di bumi pertiwi” tegasnya.

Setelah dilakukan proses dialog panjang dengan para partisipan dan audiens, kajian diskusi yang dimoderatori oleh Dadi Darmadi tersebut selesai sekira jam 15.30 WIB. (Rasyid)

70 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *