Kusen: Rasionalisasikan Pikiran Kita dengan Filsafat

Ciputat, ruangonline.com – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Fakultas Ushuluddin dan Filsafat (Komfuf) mengadakan diskusi melalui virtual aplikasi Google Meet dengan tema “Seni Khusus: Membangun Habitus Kritis Ala Filsafat Di Era Krisis.” Minggu, (17/05).

Narasumber pada diskusi kali ini merupakan dosen Filsafat UIN Jakarta, yaitu Kusen.

Dalam penyampaiannya nalar dalam filsafat barat itu harus dihidupkan dalam setiap kehidupan, terutama dalam kehidupan dunia timur yang kita adopsi saat ini agar dapat merasionalisasikan segala pemikiran kita.

“Kebanyakan dari kita terlalu teriak-teriak tentang jangan pakai produk cina, Amerika dan sebagainya tetapi kita sendiri tidak bisa terlepas dari produk-produk tersebut jadinya kita terlalu menjustifikasi sesuatu yang dipakai diluar golongan kita itu kafir,” ungkapnya.

Selain itu, dia juga berpesan agar kita lebih memahami lagi aliran filsafat yang ada dan dapat membedakan antara dunia dengan pemikiran, misalnya dunia timur dengan pemikiran timur

“Kita harus bisa membedakan antara pemikiran filsafat timur dengan dunia timur, barangkali yang kita rasakan saat ini adalah dunia timur bukan pemikirannya, dan filsafat barat sendiri berperan untuk merasionalisasikan pemikiran filsafat lainnya”, tutupnya.

Diskusi yang dipandu oleh Ghufron Akbari Wardana ini juga cukup ramai dengan banyaknya pertanyaan dan pendapat yang dikeluarkan. (Dzul).

154 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *