KAHMI Rayon UIN Jakarta Gelar Halal Bi Halal dan Silaturahmi

Ciputat, ruangonline.com – Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Rayon UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, menggelar acara Halal Bihalal dan Silaturahmi pada Senin (1/6) dalam bentuk diskusi daring, dan dihadiri lebih dari 200 audiens.

Diskusi yang bersamaan dengan hari lahir Pancasila tersebut dikemas dengan tema “HMI dan 75 Tahun Pancasila: Asa Persatuan di Era New Normal”. Dengan menghadirkan Azyumardi Azra, Siti Zuhro, Arief Budimanta, dan Fachry Ali.

Acara yang dimulai sekira jam 09.00 WIB, dibuka langsung oleh Ketua Presidium KAHMI Rayon UIN Jakarta, Ali Munhanif yang sekaligus memberikan sambutan.

Dalam diskusi tersebut, Azyumardi Azra menegaskan pentingnya antar pihak membangun semangat kehidupan berbangsa secara bersama.

“Membangun Indonesia harus dilakukan secara kolektif bukan secara personal”, tuturnya.

Lebih jauh, Guru Besar Bidang Sejarah itu juga menyinggung terkait konflik dan ketegangan antar kelompok yang masih kerap kali terjadi.

“Ketegangan dari pelbagai kelompok terus terjadi, inilah ironi demokrasi kita. Dari yang awalnya demokrasi bebas bergeser ke demokrasi pengekangan”, ungkapnya.

Dilain sisi, Fachry Ali menjelaskan, krisis atau ancaman jangan sampai datang dari agama itu sendiri, karena dapat menyebabkan perpecahan.

“Jangan biarkan ketimpangan tampil dalam wajah agama”, harap Fachry.

Dipenghujung acara tersebut Ali Munhanif menambahkan, setiap anggota HMI harus mempunyai tanggung jawab untuk kedepannya.

“Sebagai insan akademis kita harus terus membuka jalan untuk terbentuknya civil society“, pungkas Ali Munhanif (Rasyid)

152 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *