Mantan Ketua DPR: Jika Gugatan RCTI Dikabulkan, Maka Lengkaplah Pengendalian Kapitalisme

Ciputat, ruangonline.com – Mantan Ketua DPR periode 2009-2014, Marzuki Alie mengatakan apabila Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan gugatan yang diajukan RCTI, maka ruang publik akan berada di dalam pengendalian kapitalisme.

“Jika Gugatan RCTI Dikabulkan, Publik Tak Bisa Tampil Live di Media Sosial. Maka lengkaplah pengendalian kapitalisme thd kehidupan berbangsa bernegara. Ruang publik hanya diisi mereka yang menguasai media, parpol yang punya media yang eksis,” cuit Marzuki Alie @marzukialie_MA. seperti dikutip oleh ruangonline.com, Jumat (28/8).

Cuitannya di platform media sosial twitter pun mendapat tanggapan yang beragam dari netizen. Salah satu netizen menilai ini hanya persoalan bisnis antara RCTI dan platform digital media sosial.

“Seinget saya mestinya Bapak ini orang pinter kan ya .. Ini kan urusan Corporate RCTI versus Digital Social Media Platform Company Murni urusan DUIT dan Monopoly Industry Knapa diseret-seret ke urusan BerBangsa dan BerNegara Pak? Emang RCTI dikendalikan Negara Pak? Jadi BUMN??”cuit @AntonStefanus

Sementara pengguna Twitter lainnya Yulius Dangga @dangga_yulius setuju dengan pernyataan Marzuki Alie.

“Sangat Setujuh pak…ini upaya media besar untuk menguasai kepentingan publik. Lawan!”, demikian cuitannya.

Seperti diketahui,  RCTI dan iNews TV, yang mengajukan uji materi UU Penyiaran ke Mahkamah Konstitusi (MK) itu menyebut pengaturan penyiaran berbasis internet dalam Pasal 1 ayat 2 UU Nomor 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran ambigu dan menyebabkan ketidakpastian hukum.

Pemohon meminta agar penyedia layanan siaran melalui internet turut diatur dalam Pasal 1 ayat 2 UU Nomor 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran.

Kemudian, apabila permohonan pengujian Undang-undang Penyiaran dikabulkan, masyarakat tidak lagi bebas memanfaatkan fitur siaran dalam platform media sosial (medsos) karena terbatasi hanya lembaga penyiaran yang berizin. Kabar ini pun menghebohkan jagad maya hingga dikomentari oleh sejumlah kalangan termasuk Marzuki Alie. (red)

68 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *