Ketua KPLH Pamekasan: Galian C Penyebab Kekeringan di Pamekasan

Pamekasan. ruangonline.com – Kekeringan yang kini melanda 11 kecamatan dari 13 kecamatan yang terdapat di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur. Kekeringan tersebut disebabkan oleh pertambangan yang tergolong dalam golongan bahan Galian C yang berupa batu, pasir, tanah.

Menurut Fahrurrozi selaku Ketua Komunitas Pecinta Lingkungan Hidup (KPLH) Kabupaten Pamekasan, yang menjadi penyebab kekeringan adalah Galian C yang mengakibatkan struktur tanah berubah sehingga dapat mengurangi penyerapan air.

“Ketika gunung atau perbukitan terus di geruk maka akan kehilangan penyerapan air sehingga air akan berpindah dan berkumpul di satu titik yang menyebabkan kekeringan”, jelas Fahrurrozi, (9/9).

Fahrurozi juga meminta agar Pemda Kabupaten Pamekasan untuk segera mengambil tindakan terhadap tindakan yang dilakukan pihak Galian C.

“Saya berharap segera ada respon dari pihak Pemerintah Labupaten Pamekasan karena dampak dari galian tersebut telah menyebabkan kekeringan”, tutur Fahrurrozi.

Agus Syairi, warga sekitar mengungkapkan bahwa dampak kekeringan ini sangat menyusahkan masyarakat. Setiap harinya harus mencari air untuk keperluan sehari-hari.

“Karena kekeringan ini saya harus mencari air kemana-mana, untuk nyuci, mandi dan lain sebagainya”, keluh Agus.

Galian C merupakan milik swasta yang sampai saat ini masih ilegal dan belum diketahui siapa yang bertanggung jawab terhadap kerusakan ini. (Roy)

91 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *