Lembaga Kajian Komprehensi Adakan Launching dan Dialog Rakyat Toleransi Multi Agama

Ciputat, ruangonline.com – Pemuda Ciputat adakan launching lembaga kajian baru yang bernama Komprehensi dan dialog rakyat tentang toleransi beragama pada Senin, (28/12) di Selasar.in Cafe Ciputat Kota Tangerang Selatan.

Gilang Sakti Perdana selaku founder dari Lembaga Komprehensi menjelaskan tujuan dari lembaga tersebut untuk mengkaji isu yang fokus pada sosial-kebudayaan dan kemanusiaan. Komprehensi hadir untuk mengkaji isu terkait Hak Asasi Manusia (HAM), toleransi berbangsa, berbudaya serta sosial-politik.

Selain launching lembaga, kegiatan tersebut juga mengadakan dialog rakyat yang mengangkat tema “Toleransi Multi Agama Sebagai Payung Anti Radikalisme” yang menghadirkan para narasumber seperti: Franz Magnis Suseno (Rohaniawan Katolik dan Budayawan Indonesia), Irfan Idris (Direktur Deradikalisasi BNPT), Islah Bahrawi (Direktur Jaringan Moderasi Indonesia), Fachrurozi Majid (Direktur Nurcholish Madjid Society), Sultan Rivandi (Presma UIN Jakarta 2019-2020) dan Iqbal Husaini (Mantan Napiter Terorisme).

Dalam mengawali dialog tersebut Franz Magnis Susesno atau yang sering akrab dengan sapaan Romo Magnis menjelaskan belakangan ini kondisi bangsa Indonesia kian memprihatinkan. Masuknya ancaman radikalisme, terorisme dan separatisme di tanah air membuat sedikitnya masyarakat terpecah belah. Dalam situasi ini, Pancasila sebagai ideologi terbuka tengah diuji ketahanannya dalam membentengi keutuhan NKRI.

Hal tersebut juga tercantum dalam UUD 1945 yang menyatakan bahwa tujuan Pemerintah Negara Indonesia adalah melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

Kemudian Romo menjelaskan bahwa dengan keberadaan agama harus menjadi rahmat atau kedamaian bagi sesama.

“Agama harus terasa seperti rahmat, sebagai sesuatu yang menyejukkan dan positif. Ini akan membuat pemeluknya merasa nyaman dan damai,” jelas Romo. (Jagat)

251 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *