Agenda HMI Cabang Ciputat: Dari LK 2 sampai Penerbitan Buku

Ciputat, ruangonline.com – Pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Ciputat periode 2021-2022 resmi dilantik pada 16 Februari 2021 lalu. Sejumlah program kerja selama satu tahun mendatang kini mulai dilaksanakan. Dalam wawancaranya, Ketua Umum HMI Cabang Ciputat, Abdul Khalid Haris memberikan informasi terkait agenda yang akan dilaksanakan.

Dalam penjelasannya, Abdul mengatakan bahwa pengurus cabang kini sedang fokus menyiapkan agenda Latihan Kader 2 (LK 2). Rencananya, agenda tersebut akan dilaksanakan pada 26 Juli 2021.

“Saat ini teman-teman (pengurus) sedang fokus untuk mengadakan Latihan Kader 2, yang insya allah akan dilaksanakan pada 26 Juli, jadi fokusnya pengurus sekarang (menyiapkan) LK 2,” ucapnya dalam sambungan telepon Whatsapp.

Ketua Umum HMI Cabang Ciputat Tanggapi Isu Janji Tujuh Bulan Menjabat

Selain menyiapkan LK 2, Abdul beserta pengurus HMI Cabang Ciputat juga mengupayakan agar beberapa komisariat dapat segera melaksanakan agenda kaderisasi. Sebab menurutnya, itu merupakan hal yang paling terpenting di HMI.

“Sembari mungkin fokusnya pengurus sekarang (menyiapkan) LK 2 karena sekarang sedang musim-musimnya LK juga. Dan kita mengupayakan untuk beberapa komisariat bisa segera melangsungkan kaderisasi, karena itu kan yang paling terpenting di HMI, kan.” lanjutnya.

Abdul juga mengungkap, pengurus cabang tengah menggarap program jangka panjang berupa menyusun buku penelitian berjudul “HMI dalam Pusaran Politik Pasca Reformasi”. Buku tersebut merupakan studi kasus yang nantinya berfokus pada bagaimana kondisi HMI.

Selain menggambarkan bagaimana kondisi HMI, pengurus cabang merencanakan buku tersebut dapat memotret bagaimana kemesraan HMI dengan kekuasaan, dan juga tren-tren dualisme yang terjadi sepanjang kepengurusan pusat. Bahkan, buku tersebut juga direncanakan dapat menjawab soal keterkaitan HMI Connection dalam proses penurunan Gus Dur seperti yang dibahas dalam buku Menjerat Gus Dur tulisan Virdika Rizky Utama.

PB HMI Dukung Munas Leppami Ke-3: Jadikan Sebagai Ajang Konsolidasi Gagasan & Pengokohan Organisasi

“Salah satunya yang kami anggap program jangka panjang adalah menyusun buku penelitian berbicara soal HMI dalam Pusaran Politik Pasca Reformasi. Ini tentu sudah dilakukan atau ditulis, sudah ada proposal penelitiannya, memang sekarang sedang mencari sumber dan ini studi kasus mengenai kondisi HMI, salah satunya menjawab soal keterkaitan HMI seperti yang dibahas dalam buku Menjerat Gusdur itu. terutama dalam konteks HMI Connection terlibat dalam proses penurunan Gusdur,” ungkapnya.

Ketika ditanya mengenai target perilisan, Abdul menjawab buku tersebut rencananya dapat rampung sebelum akhir masa kepengurusannya.

“Insya allah mungkin di akhir atau sebelum teman-teman (pengurus cabang) demisioner itu bisa dilaunching.” ungkapnya.

(Dimas Fakhri/Ridha Ilahi)

130 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *