Ketum Komtar; Perkaderan HMI Hampir Mati

Ciputat, ruangonline.com – Perkaderan di masa pandemi menurut Ari Stiadi selaku Ketua Umum (Ketum) Komisariat Tarbiyah (Komtar) HMI Cabang Ciputat, mengalami kemandekan, dan juga ditambah dengan Pedoman Perkaderan HMI yang masih menggunakan cara konvensional atau tatap muka. Menurutnya hal tersebut yang mengakibatkan tidak bisanya beradaptasi dengan keadaan yang mengharuskan jaga jarak.

“Seperti yang kita ketahui bersama bahwa dengan adanya Pandemi ini, banyak perkaderan ditubuh HMI yang stagnan dan hampir mati. Di tambah lagi pedoman perkaderan HMI yang masih menggunakan sistem konvensional dan diharuskan untuk menggunakan metode tatap muka, sehingga tidak bisa beradaptasi dengan situasi yang mengharuskan kita untuk jaga jarak,” jelas Ari saat dihubungi melalui WhatsApp pada Minggu, (27/06/2021).

Solusi yang ditawarkan Ari untuk proses perkaderan HMI ialah dengan cara beradaptasi dengan keadaan sekarang, seperti melaksanakan LK secara online demi menjangkau semuanya.

“Salah satu solusi yang realistis adalah bagaimana HMI bisa beradaptasi dengan situasi hari ini, yaitu mengadakan LK Berbasis online, sehingga perkaderan bisa menjangkau semua lapisan yang hari ini terkendala oleh jarak,” tuturnya kepada wartawan ruangonline.com.

Saat ditanya siapa yang harus bertanggung jawab terhadap pola kaderisasi HMI, Ari menjawab, yang harus bertanggung jawab ialah para kanda dan yunda yang memiliki wewenang mengenai hal tersebut karena HMI bukan hanya urusan politik, melainkan diharuskan mampu melahirkan generasi yang baik seperti yang tercantum dalam tujuan HMI.

“Tentu para Kakanda dan Ayunda yang hari ini mempunyai wewenang kebijakan. HMI bukan hanya bicara tentang urusan politik dan kekuasaan, namun juga lebih dari itu HMI harus mampu melahirkan generasi yang mempunyai kualitas insan cita seperti yang tercantum pada tujuan HMI,” ungkapnya.

Saat dikonfirmasi mengenai perkaderan kepada Tubagus Damanhuri selaku Ketua Umum Badan Pengelola Latihan (BPL), hingga berita ini dimuat, prihal tersebut masih didiskusikan dengan Anggota BPL.

“Aku diskusiin sebentar yah sama temen-temen bpl,” uangkapnya saat diwawancara oleh wartawan ruangonline.com pada Selasa, (29/06/2021).

(Hidayat)

246 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *