Dua Minggu Persiapan LSMI Berujung Sia-sia di Hadapan HMI Cabang Ciputat

Ciputat, ruangonline.com – Lembaga Seni Mahasiswa Islam (LSMI) melaksanakan Persiapan selama setengah bulan penuh demi memenuhi undanga Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Ciputat, Akan tetapi penampilan yang telah direncanakan tidak dipentaskan.

Penampilan teater tersebut akan digelar di acara pembukaan Latihan Kader Kohati (LKK) yang diselenggarakan oleh HMI Cabang Ciputat, pada Minggu, (08/08/2021), bertempat di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tanggerang Selatan.

Direktur LSMI HMI Cabang Ciputat, Yusuf Saputra, mengungkapkan bahwa persiapan untuk tampil di acara pembukaan LKK disiapkan dengan baik, agar penampilannya sempurna dan tidak mencoreng nama baik HMI Cabang Ciputat. persiapannya pun telah dilaksanakan dari dua Minggu sebelum penampilan.

“Dalam jangka waktu dua Minggu kita latihan rutin secara serius agar tidak malu-maluin HMI Cabang Ciputat. Karena ini merupakan acara nasional,” ungkap pemuda yang biasa dipanggil Ucup, (10/08/2021).

Permasalahannya, lanjut Ucup, berawal dari lokasi acara yang berpindah-pindah, yang semula bertempat di kelurahan Cempaka Putih lalu berpindah ke Gedung DPRD Tanggerang Selatan. Persoalannya juga terjadi pada jadwal penampilan, yang seharusnya 14.30 WIB diundur hingga jam 17.00 WIB tanpa disediakan tempat untuk persiapan. Hingga pada akhirnya para aktor mempersiapkan semuanya di parkiran DRPD.

“Kami siap dari jam 12 siang, namun acaranya diundur hingga jam lima lewat. Ada salah satu panitia yang bilang pada kami untuk menunggu di luar saja, kami mengikuti instruksinya. Kami menunggu waktu untuk penampilan di parkiran acara sembari mempersiapkan semua, seperti face painting (mewarnai wajah), latihan ulang dan lain sebagainya,” jelas Ucup.

Hiksan Damaraharjo sebagai Sekertaris Umum LSMI mengaku bahwa persiapan yang telah matang berujung sia-sia, LSMI batal tampil di acara pembukaan LKK HMI Cabang Ciputat. Namun dari pihak LSMI tidak terlalu mempermasalahkan kejadian tersebut.

“Lantaran kesiapan penampilan yang sudah matang yang disiapkan oleh dari LSMI ternyata berbuah hal yang sia-sia di acara tersebut. Dari pihak LSMI tidak mempermasalahkan kejadian tersebut,” jelas Hiksan Damaraharjo, lelaki dengan nama panggung Ajo.

Ajo melanjutkan penjelasannya bahwa dari pihak pengurus LSMI tidak menyalahkan pihak manapun jika ada undangan dari pihak cabang lagi, LSMI masih terbuka dan menerima undangan dari pihak manapun.

“Dari statement pengurus hanya menganggap peristiwa ini adalah usaha penampilan yang sia-sia saja dan dari pihak LSMI tidak menyalahkan pihak mana pun. Dari LSMI justru tidak kapok jika ada undangan performance dari pihak mana pun LSMI selalu terbuka menyambut hajat siapa pun baik dari internal HMI Cabang Ciputat ataupun dari pihak eksternal di luar HMI Cabang Ciputat,” ujar Ajo.

Furba Indah selaku Ketua Korps HMI Wati (Kohati) menjelaskan bahwa kejadian itu murni kesalahan teknis. Dikarenakan menurutnya penggelaran acara menggunakan metode hybrid, sebagian daring dan sebagian tatap muka, merupakan suatu hal yang terhitung baru. Jadi, kesalahan teknis dan mis komunikasi meskipun telah di minimalisir tetap kemungkinan terjadi.

“Karena kan kita melaksanakan acara dengan konsep hybrid terhitung baru, maka kejadian seperti miskomunikasi dan kesalah teknis meskipun telah kita antisipasi dari awal, tetap terjadi. Dan kejadian itu murni kesalah teknis yang mengakibatkan beberapa agenda tertunda dan dibatalkan, seperti penampilan dan beberapa agenda lainnya,” jelas Furba.

Furba mewakili segenap panitia LKK dan Latihan Kader (LK) II meminta maaf kepada seluruh pihak yang terkena dampak dari miskomunikasi dan kesalah teknis, baik kepada LSMI dan pihak yang lain.

“Saya mewakili panitia lk II dan LKK meminta maaf kepada semua pihak yang terkena dampak dari mis komunikasi dan kesalah teknis yang telah terjadi,” pungkas perempuan yang sekarang menjabat sebagai ketua Kohati HMI Cabang Ciputat.

(Dayat)

434 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *